Portal resep kue dan masakan enak lengkap dengan cara membuatnya

Sabtu, 02 November 2019

Resep Cireng Crispy Gurih Menggoda Selera

Siapa sih yang tidak kenal dengan cireng? Cireng adalah singkatan dari aci digoreng, aci merupakan bahasa sunda dari kanji. Cireng menjadi salah satu jajanan favorit banyak orang terutama anak-anak, rasanya yang gurih membuat setiap orang yang mencicipi jajanan ini menjadi ketagihan. Susahkah membuat cireng? Kita akan jabarkan untuk Anda secara mudah tentang resep cireng. Cara membuat cireng adalah dengan menggoreng campuran dari adonan yang berbahan utama tepung kanji atau tepung tapioka. Saat ini jajanan ini tidak hanya berada di daerah Bandung saja melainkan sudah menyebar di berbagai daerah di Nusantara. Anda dapat menemukan olahan cireng di supermarket di banyak daerah di Indonesia, cireng dijual dalam bentuk beku agar lebih tahan lama.

image source: pergikuliner.com
Cireng juga sangat populer di daerah Priangan, di Priangan cireng dijual dengan berbagai bentuk dan arian rasa. Cireng cukup terkenal pada era 80-an. Saat ini cireng mempunyai banyak varian rasa tidak hanya rasa aci saja akan tetapi terdapat cireng rasa sapi, rasa sosis, rasa ayam dan lain sebagainya. Tetapi para penggemar cireng lebih menyukai cireng dengan rasa original yaitu dengan rasa aci. Pada dasarnya cireng terdiri dari rasa aci yang digoreng dan biasanya cireng sering disajikan dengan cabe rawit yang berupa sambal dengan berbagai rasa. Cireng akan lebih lezat apabila dinikmati saat masih hangat. Cireng yang enak tentu tidak lepas dari cara membuat cireng sesuai resep, dengan resep ini maka akan menghasilkan cireng crispy yang gurih.

Resep cireng bisa menjadi salah satu alternatif untuk memandu Anda dalam membuat cireng. Hal ini dikarenakan proses pembuatan cireng dalam resep ini memiliki cara yang mudah. Cireng yang lezat bisa Anda buat dengan cara-cara yang cukup mudah. Apabila Anda penasaran, simak cara pembuatan dan resep cireng berikut ini.

Bahan Kering:
  • 150 gr campuran tepung sagu/tapioka + 2 sdm tepung terigu
Bahan Biang:
  • 50 gr tepung sagu/tapioka
  • 150 ml air biasa suhu ruang
  • 2 siung bawang putih dihaluskan
  • 3/4 sdt garam1/2 sdt kaldu bubuk
  • 1/4 sdt merica bubuk
  • 1 batang daun bawang, iris halus
Cara membuatnya:
  1. Dalam wadah ukuran sedang, masukkan bahan kering (campuran tepung tapioka/sagu dan tepung terigu) yang 150 gr.
  2. Siapkan panci teflon, campur tepung sagu/tapioka 50 gr, bawang putih halus, garam, kaldu bubuk, merica bubuk, daun bawang iris dan air, aduk rata.
  3. Masak bahan biang sampai jadi seperti lem dan berwarna transparan.
  4. Segera tuang biang panas ke dalam wadah berisi tepung kering. Uleni pelan-pelan menggunakan tangan (hati-hati karena panas), gunakan ujung jari saja untuk menguleni.
  5. Setelah menghangat, uleni menggunakan telapak tangan dengan cara meremas-remas secara perlahan sampai adonan tercampur rata dan jadi menggumpal.
  6. Adonan biang agak ditarik-tarik, balurin ke bahan kering supaya bisa menyatu dengan biangnya (tidak perlu diuleni sampai kalis).
  7. Ambil sejumput adonan dan bentuk menjadi pipih. Lakukan sampai adonan habis.
  8. Panaskan minyak gireng agak banyak, masukkan cireng dalam minyak goreng menggunakan api sedang sampai matang dan sedikit kering. Gorengnya jangan terlalu lama karena akan keras, cukup sampai ketika ditekan tidak kempis lagi yang berarti sudah matang.
  9. Angkat dan tiriskan, sajikan hangat dengan bumbu rujak cireng.
Bahan Bumbu Rujak:
  • 75 gr gula merah
  • 3 biji cabe rawit merah (sesuai selera)
  • 1 siung bawang putih
  • 1/2 sdt terasi bakar (sesuai selera)
  • 1/2 sdt garam
  • 1 sdm air asam jawa
  • air hangat secukupnya
Cara membuat bumbu rujak cireng:
  1. Uleg semua bahan bumbu rujak sampai halus.
  2. Tambahkan air asam dan air hangat secukupnya, aduk sampai rata.
Bahan dasar untuk mengolah cireng crispy dalam resep cireng sangat mudah didapatkan, Anda tidak perlu terburu-buru dalam memasak cireng crispy ini, Anda dapat memasak cireng crispy ini dengan santai sambil mendengarkan musik. Proses pembuatan cireng crispy ini akan sangat cepat jika Anda mengikuti langkah demi langkah yang sudah dijelaskan di artikel ini. Selamat mencoba. Semoga berhasil.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Resep Cireng Crispy Gurih Menggoda Selera