Portal resep kue dan masakan enak lengkap dengan cara membuatnya

Jumat, 01 November 2019

Resep Donat Kentang Enak dan Empuk Anti Gagal

Pertama kali donat kentang diperkenalkan pada pertengahan tahun 1900-an, dan resep donat kentang pertama kali diterbitkan pada tahun 1936. Donat merupakan salah satu jenis kue yang sangat enak dan menggugah selera. Donat adalah kue yang menjadi favorit hampir semua orang. Dari orang dewasa hinggga anak-anak sangat menyukai donat. Donat merupakan kue yang memiliki ciri khas yaitu terdapat lubang di tengah-tengah kue. Dan sekarang ada bebearapa jenis donat kentang yang bisa Anda buat. Jika donat memiliki tekstur yang lembut, manis dan memiliki rasa gurih pasti akan membuat orang ketagihan untuk terus memakan donat. Tak heran terdapat berbagai macam tempat makanan yang menjual donat dengan berbagai varian rasa, karena donat sangat diminati oleh banyak orang.
image source: ramesia.com
Salah satu jenis donat yaitu donat kentang memiliki rasa yang gurih, hal ini membuat banyak orang menyukai donat kentang. Resep donat kentang membuat donat akan lebih terasa gurih dan nikmat. Donat kentang menjadi salah satu penawar racun alami karena kandungan kentang yang terdapat dalam donat kentang membantu pertumbuhan bakteri dalam saluran pencernaan tubuh Anda. Kandungan garam alkali yang terdapat pada kentang, menjadikan kentang sebagai salah satu makanan basa yang palling kuat, karena salah satu fungsi kentang adalah berguna untuk menjaga cadangan alkali dalam tubuh.

Beberapa orang memerlukan resep donat kentang yang menggunakan cara-cara yang mudah dimengerti, hal ini karena banyak orang ingin membuat donat kentang tapi menginginkan cara yang tidak begitu rumit. Donat kentang cenderung lebih ringan jika dibandingkan dengan donat tepung, hal ini karena bahan dasar untuk membuat donat kentang adalah kentang. Pembuatan donat kentang dan jenis donat lain memiliki cara-cara yang sama. Akan tetapi jenis donat kentang menambahkan kentang sebagai bahan utama untuk membuat donat kentang. Jika Anda penasaran, berikut resep donat kentang gurih yang disertai dengan langkah-langkah. Simak selengkapnya ya.

Bahan Adonan :
  • 500 gr tepung terigu serbaguna
  • 75 gr margarin Blue Band Cake and Cookie
  • 200 gr kentang yang sudah dikupas, dikukus, dan didinginkan
  • 4 butir kuning telur
  • 100 ml air dingin
  • 100 gr gula halus
  • 50 gr susu bubuk
  • 11 gr ragi instan
  • ¼ sdt garam
Bahan Topping :
  • Gula halus secukupnya
  • 250 gr dark cooking chocolate yang sudah dipotong lalu dilel
Langkah Penyajian :
  1. Campurkan tepung terigu, ragi, dan gula halus ke dalam satu wadah. Aduk sebentar hingga ketiga bahan tersebut tercampur. Lalu masukkan kentang dan kuning telur ke dalam adonan tersebut.
  2. Tuangkan air dingin sedikit demi sedikit ke dalam adonan sambil terus diuleni. Lakukan langkah ini sampai air dingin habis dan adonan menjadi kalis.
  3. Setelah adonan sudah kalis, tambahkan margarin Blue Band Cake and Cookie dan garam. Uleni kembali agar semua bahan tercampur rata. Tutup wadah berisi adonan dengan kain lap bersih dan diamkan selama 20 hingga 30 menit.
  4. Ketika adonan donat sudah mengembang. Kempiskan adonan donat tersebut lalu cetaklah dengan cetakan khusus donat. Diamkan kembali adonan donat yang sudah dicetak selama 20 menit.
  5. Jika sudah lewat 20 menit, adonan donat yang sudah dicetak pun siap digoreng.
  6. Panaskan wajan berisi minyak goreng dengan api kecil.
  7. Saat minyak sudah panas, masukkan donat ke dalam wajan. Jangan masukan donat terlalu banyak supaya temperatur minyak goreng tidak turun drastis.
  8. Goreng donat hingga kedua sisinya matang dan berwarna cokelat keemasan.
  9. Angkat dan tiriskan donat yang sudah matang. Diamkan sejenak agar uap panasnya hilang.
  10. Celupkan permukaan donat pada dark cooking chocolate yang sudah dicairkan. Untuk pilihan topping lainnya, donat bisa ditaburkan dengan gula halus.
  11. Donat kentang pun siap disajikan.
Donat kentang yang baik memiliki tekstur yang empuk dan memiliki rasa yang gurih, di dalam resep donat kentang sudah disajikan bahan-bahan yang akan membuat donat kentang menjadi empuk dan gurih. Untuk membuat donat kentang ini Anda harus menggunakan kentang sebagai bahan utama untuk membuat donat ini. Selamat mencoba. Semoga berhasil.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Resep Donat Kentang Enak dan Empuk Anti Gagal