Portal resep kue dan masakan enak lengkap dengan cara membuatnya

Selasa, 10 Desember 2019

Resep Ayam Kecap Yang Mudah dan Sederhana

Selain sambal, nasi goreng, dan sop tentu ayam kecap termasuk ke dalam daftar masakan yang digemari oleh banyak orang. Beberapa orang menyukai ayam kecap karena memiliki rasa manis, rasa manis yang ada pada ayam kecap membuat orang terarik dengan makanan yang satu ini. Ayam kecap sendiri merupakan salah satu sajian makanan yang sangat disukai oleh anak-anak. Karena rasa yang dihasilkan dari ayam kecap ini adalah rasa manis yang legit, hal ini membuat anak-anak menggemari ayam kecap. Memakan ayam kecap sangat nikmat bila disantap bersama dengan keluarga Anda.

image source: cookpad.com
Disebut ayam kecap karena ayam dibumbuhi oeh kecap manis hitam yang pekat, sehingga membuat warnanya menjadi kecoklatan. Ayam kecap merupakan sebuah hidangan ayam Asia Tenggara Maritim yang dibumbui dengan cara disiram dengan kecap manis. Ayam kecap juga merupakan salah satu lauk yang sangat simpel untuk dibuat. Resep ayam kecap yang mudah dan enak sangat dibutuhkan oleh beberapa ibu untuk dapat membuat ayam kecap.

Setiap ibu selalu menjadikan resep untuk membuat ayam kecap ini, menjadi salah satu masakan andalannya, karena anak-anak pasti menyukai ayam kecap yang dibuat dengan resep yang mudah dan enak. Cara membuat resep untuk membuat ayam kecap pun sangat mudah dan bahan-bahan untuk membuat ayam kecap ini adalah bahan-bahan umum yang sangat mudah didapatkan. Jika Anda ingin mencoba untuk membuat resep ayam kecap yang mudah maka di artkel ini akan diberikan cara membuatnya. Berikut ini adalah resep ayam kecap yang mudah dan cara membuat ayam kecap.

Bahan-bahan:
  • 14-15 Potong ayam
  • 5 siung Bawang merah
  • 4 siung Bawang putih
  • 1 buah bawang bombay
  • 1 sdt Gula
  • 1/2 sdm garam
  • Merica bubuk
  • Penyedap rasa (royco + vitsin)
  • 1 sdm Saus tomat
  • 2 sdm Kecap
  • 1 kg Ayam
  • Minyak goreng
  • Margarin
Langkah-langkah:
  1. Panaskan minyak goreng yg dicampur dengan sedikit margarin (bisa jiga minya goreng saja ya)
  2. Masukan bawang merah, bawang putih yang dihaluskan dan bawang bombay yg sudah diiris tipis. Tumis sampai harum dan kecoklatan
  3. Masukan ayam yang sebelumnya sudah direbus. Kemudian aduk
  4. Tambahkan 1/2 sdt, royco sapi 1/4 sdt, garam 1/2 sdm dan vitsin seujung jari. Aduk hingga rata
  5. Tambahkan 2-3 sdm kecap manis. Aduk
  6. Tambahkan 1 gelas kecil air putih
  7. Masukan 1 sdt gula, aduk hingga rata
  8. Tutup wajan +- 10 menit
  9. Setelah itu, tambahkan saus tomat +- 1 sdm (sesuai selera) bisa juga tidak pakai saus tomat ya. Kemudian aduk. Dan tutup kembali +- 10 Menit
  10. Jika sudah, coba cicip sedikit bumbunya apa sudah pas. Jika dirasa masih ada kurang bisa tambahkan bumbu yg kurang sesuai selera.
  11. Jika sudah pas, bisa langsung diaduk kembali
  12. Dan ayam kecap siap dihidangkan.
Bagaimana? Mudah bukan untuk membuat ayam kecap? Resep diatas adalah resep ayam kecap yang mudah yang bisa Anda coba. Jika Anda membuat resep untuk membuat ayam kecap dengan rasa yang enak tentu akan membuat keluarga Anda senang untuk memakan ayam kecap buatan Anda. Jika Anda pemula dalam membuat ayam kecap, maka dibutuhkan kesabaran dan ketekunan dalam membuat ayam kecap, agar menghasilkan ayam kecap yang lezat dan enak. Selamat Mencoba.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Resep Ayam Kecap Yang Mudah dan Sederhana